Monday, December 8, 2014

Walet Vs Tikus

Ternyata burung walet kabur hanya karena takut sama kecoak, tikus, semut dan gerayap. Jagalah rumah burung walet anda, luangkan waktu walau hanya sekali dalam sebulan, dan pastikan agar gedung bebas dari segala gangguan yg bisa mengakibatkan burung walet kabur.

Kisah ini baru saja dialami oleh sahabat saya R. Seeng ( China ), dia mempunyai kurang lebih 5 gedung walet yang kesemuanya sudah menghasilkan sarang dalam purata 3 kg lebih dalam setiap gedungnya.

Karena beliau pada saat itu sedang jatuh sakit, maka tiada waktu untuk mengecek setiap gedung waletnya. Selama tiga bulan lamanya akhirnya dokter memperbolehkan beliau keluar dari rumah sakit, ketika itu dia terus saja mengajak saya untuk mengutip sarang. 

Hampir setengah hari keempat gedung sudah selesai dipanen, tinggal satu gedung lagi, ketika kami membuka pintu ... kami terkejut karena didalam gedung seekor burung waletpun tak ada. Dan ketika kami buka lampu ... wahhhh banyak tikus disini, kecoak dan semut sedang mengerumuni dan memakan  sarang walet dan anak burung walet, tiada seekor burung pun yg tinggal, semuanya kabur meninggalkan sarang dan anak-anak mereka.

Dan kami akhirnya bisa membuat kesimpulan bahwa.... ternyata burung walet akan kabur hanya dikarenakan takut sama kecoak, semut dan tikus. Berdasarkan pengalaman saya kali ini saya harap untuk semua saudara penternak walet bisa menjaga rumah atau gedung waletnya dari sembarang gangguan tikus, kecoak, gerayap dan semut agar burung walet tidak kabur.

No comments:

Post a Comment

Kontak saya

Name

Email *

Message *

Blog Archive